Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) terpilih menjadi provinsi terbaik Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Tingkat Kawasan Sumatra, dalam ajang Malam Anugerah BBWI dan Bangga Buatan Indonesia (BBI), di Jakarta, baru-baru ini.

Sertifikat dan trophy penghargaan bergengsi hasil kolaborasi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan sejumlah kementerian dan stakeholder lainnya itu diterima oleh Wakil Gubernur Sumatra Barat (Wagub Sumbar) Audy Joinaldy.

Ajang tersebut diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi terhadap seluruh pemerintah daerah dan para stakeholder yang telah mendukung implementasi program BBWI yang merupakan program turunan dari Gerakan BBI.

“Kami akan selalu mendukung upaya pemerintah untuk mengembangkan destinasi wisata di Indonesia, utamanya di lima destinasi super prioritas. Semoga dengan dukungan penuh LPS, pariwisata Indonesia akan terus maju dan berkembang,” kata Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa.

Menurutnya, industri pariwisata dengan industri perbankan merupakan merupakan dua sektor yang memiliki hubungan simbiosis mutualisme. Keduanya saling melengkapi dan mendukung satu sama lain.

Purbaya memaparkan bahwa per September 2023, kredit perbankan ke sektor pariwisata mencapai Rp128,2 triliun atau tumbuh 4,57% secara tahunan (year on year/yoy), atau yang tertinggi sejak Agustus 2021.

Dia optimistis bahwa penyaluran kredit ke sektor pariwisata mampu tumbuh lebih tinggi dan cepat ke depannya.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas menegaskan, beberapa kebijakan pemerintah untuk mendorong aktivitas berwisata di dalam negeri dan penggunaan produk dalam negeri.

“Kami sudah memberi dukungan melalui penambahan hari libur di tahun 2024. Kita pilihkan hari libur yang memang akan mendorong optimalisasi wisata masyarakat, namun tentu dengan tidak mengganggu kinerja dan produktivitas dunia usaha,” ujarnya.

Malam Anugerah BBWI juga menganugerahkan sejumlah penghargaan dalam lima kategori, yaitu Provinsi Terbaik BBWI Tingkat Kawasan, Provinsi dengan Destinasi Pariwisata Berkualitas Terbaik, Provinsi dengan Implementasi Strategi Kebijakan Pemda Terbaik, Kabupaten/Kota Terbaik, Industri Pendukung BBWI Terbaik yang spesial dipersembahkan oleh LPS, serta Juara Umum Provinsi Terbaik BBWI Tingkat Nasional.

Kategori Provinsi Terbaik BBWI Tingkat Kawasan Sumatera diraih Provinsi Sumbar sebagai pemenang pertama, diikuti Kepulauan Riau sebagai pemenang kedua dan Lampung di posisi ketiga.

Pada tingkat kabupaten kota terbaik BBWI diraih Kota Pariaman sebagai juara ketiga setelah Banyuwangi dan Gunung Kidul.

Sementara itu, provinsi dengan destinasi pariwisata berkualitas terbaik diraih Nusa Tenggara Barat dan provinsi terbaik BBWI tingkat nasional dianugerahkan pada Sulawesi Tenggara. GBM

Facebook Comments Box

Bagikan: