Sumatra Barat Ingin Keberkahan Al-Quran

Nasional8 Dilihat

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) menggelar Malam Ta’aruf di Auditorium Gubernuran Sumbar, Minggu (6/11/2022) malam, sebagai rangkaian awal pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-VI Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia (Korpri) Tingkat Nasional Tahun 2022, yang berlangsung 6-13 November 2022.

Hadir dalam kegiatan yang merupakan sarana perkenalan dan kebersamaan antara khafilah tersebut, perwakilan peserta dan offisial dari 34 provinsi, dewan pengawas, dewan hakim, serta panitera.

Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi menyampaikan selamat datang di Ranah Minang kepada seluruh peserta yang hadir pada acara tersebut.

Tampak hadir Ketua Umum Korpri Nasional Zudan Arif Fakrulloh, Ketua Dewan Pengawas Nazaruddin Umar, Said Agil Al Munawar.

Hadir pula Kapolda Sumbar Irjen. Pol Suharyono, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sumbar.

“Selamat datang di Kota Padang, Sumatra Barat, untuk mengikuti MTQ ke-IV KORPRI Tingkat Nasional di Padang-Sumatera Barat,” ujar Gubernur Buya.

Selain itu, gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada Pengurus Korpri Pusat yang telah memberi kepecayaan kepada Provinsi Sumatra Barat sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ Ke-VI Korpri Tingkat Nasional.

“Bahkan kalau bisa MTQ Korpri berikutnya tetap dilaksanakan di Sumbar, kita siap,” ungkapnya berseloroh dan mendapat aplaus dari peserta yang hadir.

Alasannya, Gubernur Buya menegaskan bahwa ingin mendapatkan keberkahan dari Al Quran, sehingga Pemprov Sumbar menyiapkan reward untuk khafilah dari Sumbar yang mampu meraih juara 1 atau 2, berupa uang hingga Rp200 juta.

“Wujud kami ingin memberikan semangat pada mereka dan penghargaan kepada mereka,” tegasnya.

Ketua Umum Korpri Nasional Zudan Arif Fakrulloh mengapresiasi kesiapan Pemprov Sumbar sebagai penyelenggara MTQ ke-VI Korpri tingkat nasional, terutama upaya memotivasi para ASN yang menjadi peserta dengan menyiapkan reward.

“Semoga bisa ditiru gubernur lain, karena MTQ ini memang sejatinya bertujuan untuk membangun semangat kebersamaan dan ukhuwah serta menumbuhkan nilai qurani di birokrasi,” tuturnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar Hansastri selaku Ketua Panitia MTQ ke-VI Korpri menjelaskan, perhelatan ini diikuti sebanyak 902 peserta dari 34 Provinsi se-Indonesia dan 49 Kementerian/Lembaga yang terdiri dari sembilan cabang dengan tempat pelaksanaan lomba terdiri atas delapan venue.

Kedelapan venue itu adalah di Masjid Al Hakim, Masjid Raya Sumbar, Aula Kantor Gubernur, Aula Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Aula UIN Imam Bonjol Padang, SMA Negeri 1 Padang, Aula Dinas Kebudayaan dan Laboratorium Komputer BKD Provinsi.

“Malam Ta’aruf ini merupakan rangkaian awal dari MTQ ke-VI Korpri. Selanjutnya pada 7 November akan dilaksanakan pelantikan Dewan Hakim, Seminar Al Qur’an dan Orientasi Dewan Hakim. Lalu Pembukaan MTQ, serta Seminar Nasional Al Qur’an,” ujarnya.

Pelaksanaan Musabaqah pada 8-11 November dan penutupan MTQ pada 12 November. Selain itu, selama MTQ berlangsung juga terdapat pameran dan bazar di Halaman Kantor Gubernur pada 7-12 November. GM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *