Pemerintah Kota (Pemkot) Padang betul-betul serius ingin membenahi daerahnya dan memajukan industri pariwisatanya, di antaranya dengan melanjutkan kegiatan Padang Bagoro.

Fokus dari pembenahan dan memajukan pariwisata dengan penataan dan pembersihan kawasan Batang Arau/Muara.

“Untuk itu, pada Minggu pagi (6/11/2022) dilakukan Kembali Padang Bergoro’,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Al Gamar, seperti dikutip padang.go.id, Sabtu (5/11/22).

Ada sekitar delapan bangkai kapal yang harus dikeluarkan dari kawasan Batang Arau/Muara agar kawasan tersebut bersih.

Kali ini, upaya membersihkan kawasan Muara/Batang Arau dan bangkai kapal tersebut mendapat dukungan pihak terkait.

Dukungan tersebut di antaranya dari PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II), jajaran Balai Wilayah Sungai Sumbar V Padang dan instansi terkait lainnya.

Arus lalu lintas perairan di kawasan itu  terlihat kurang lancar dan terganggu, baik dari cukup banyaknya sampah yang dibawa arus, banyaknya bangkai kapal dan masih terjadi pendangkalan di sungai tersebut.

Untuk itu, Pemkot Padang dan pihak terkait menargetkan pada akhir tahun 2022, kawasan tersebut betul-betul sudah bersih, sekaligus merealisasikan tekad Wali Kota Padang Hendri Septa untuk memajukan industri pawisata di daerah ini.

Sekda Andree menjelaskan, kemajuan industri pariwisata diharapkan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan pada akhirnya dapat menaikkan pendapatan daerah.

Pada Minggu (6/11/2022), yang diminta goro antara lain jajaran Damkar, BPBD, DLH, Satpol PP, Dinas Perikanan dan Pangan, Dishub, Dispar, Kominfo, Kecamatan Padang Selatan, Padang Barat bersama seluruh lurah setempat dan warga. GM

Facebook Comments Box

Bagikan: