Presiden Jokowi dan Gubernur Mahyeldi Komitmen Tingkatkan Pendidikan Kejuruan

Nasional26 Dilihat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama dengan Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Mahyeldi memiliki komitmen yang sama dalam meningkatkan pendidikan kejuruan, terutama di wilayah Provinsi Sumatra Barat.

Kepala Negara berkunjung, sekaligus meninjau aktivitas siswa di sejumlah ruang kelas dan workshop di SMKN 5 Padang, Rabu (25/10/2023).

Meski dirasa sudah cukup memadai, Presiden menyatakan akan membantu pengembangan sarana penunjang pendidikan di sekolah tersebut.

“Setiap ke provinsi saya selalu melihat satu-dua sekolah, utamanya SMK. Sebab di situlah sebetulnya hal yang berkaitan dengan skill dan keterampilan dilakukan. Seperti di SMK 5 Padang ini. Saya melihat ada beberapa jurusan. Ada otomotif, bangunan, elektronik, semuanya juga ada tempat untuk praktek yang cukup bagus,” ujar Presiden.

Menurut Jokowi, beberapa bengkel workshop memang masih kurang dan kepala sekolah juga menyampaikan seperti itu, sehingga nanti dibantu untuk memperluas tempat latihan SMKN 5, karena tempat melatih skill sangat penting.

Berkaitan dengan itu, Gubernur Mahyeldi Ansharullah turut menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas lulusan sekolah kejuruan di Sumbar.

Terbukti, Pemprov Sumbar giat membangun sejumlah Unit Sekolah Baru (USB), yang beberapa di antaranya merupakan sekolah kejuruan (SMK).

“Selaras dengan arahan Bapak Presiden, kita di Pemprov Sumbar terus mengupayakan peningkatan kualitas dan kuantitas anak-anak didik kita di SMK,” ungkapnya.

Beberapa waktu yang lalu, Pemprov Sumbar telah meresmikan pembangunan SMK Negeri Kesehatan di Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota dan SMK Perkapalan dan Pertambangan di Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat.

“Ini komitmen kita untuk melahirkan generasi-generasi yang fullskill dan memiliki keterampilan khusus, yang tentu sangat dibutuhkan oleh dunia kerja,” ujar Mahyeldi.

Selain Gubernur Mahyeldi, kunjungan Presiden di SMKN 5 Padang turut didampingi oleh Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko dan Anggota DPR Andre Rosiade. GBM

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *