Peringatan HUT Ke-78 Sumbar Tampilkan Pagelaran Seni dan Budaya

Seni & Budaya9 Dilihat

Tarik wisatawan berkunjung, Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) menggelar acara Pagelaran Seni dan Budaya memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 yang jatuh pada 1 Oktober 2023.

Serangkaian pagelaran seni yang dihelat di antaranya seni Darak Baradarak yang masuk dalam Indonesia Got Talent, seni solo biola, seni talempong kayu, tari Marakik Aso hingga seni Turuk Sikerei Mentawai.

“Agenda ini kita laksanakan 2-6 Oktober 2023 yang dipusatkan di Gedung Budaya Sumbar,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Syaifullah kepada wartawandi Gedung Budaya Sumbar.

Dia menjelaskan, pagelaran seni dan budaya itu diadakan tiap tahun dengan tujuan menarik wisatawan, sekaligus melestarikan seni dan budaya Sumbar.

“Pagelaran seni dan wisatawan itu satu paket. Ada pagelaran seni, pasti menarik minat orang berkunjung,” ujar Syaifullah.

Dia melihat pagelaran seni dan budaya tahun lalu yang sukses menarik wisatawan lokal dan turis mancanegara. Acara lain pada Peringatan HUT ke-78 Sumbar, lanjut Syaifullah, selain pagelaran seni juga diadakan sejumlah agenda kegiatan lain, seperti seminar dan workshop budaya. “Lalu kita adakan sejumlah lomba, seperti musik jalanan, video budaya dan lainnya.”

Kemudian, dia menambahkan, diadakan anugerah atau penghargaan kepada tokoh budaya dan seniman.

Syaifullah menyebutkan pagelaran seni dan budaya itu akan semakin menarik wisatawan berkunjung, karena Sumbar sudah dikenal dengan keindahan objek wisata dan kulinernya.

“Selain menikmati seni dan budaya, wisatawan tentunya bisa menikmati keindahan obyek wisata seperti pantai padang, jembatan Siti Nurbaya, Masjid Raya Sumbar. Lalu mereka juga bisa menikmati kuliner yang enak,” jelasnya. GBM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *