Pendapatan Asli Daerah Sumatra Barat (PAD Sumbar) pada tahun 2022 mencapai angka Rp2,7 triliun, komponen pajak daerah sebesar Rp2,1 triliun, salah satunya berasal dari Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) sebesar Rp538,3 miliar atau sekitar 25% dari penerimaan sektor ini.

Penerimaan tersebut nomor dua, setelah dari pajak kendaraan bermotor, yakni sekitar Rp795 miliar. Pada tahun 2022, PBBKB meningkat sekitar 3% dari tahun sebelumnya.

Wakil Gubernur Sumatra Barat (Wagub Sumbar) Audy Joinaldy menyatakan, hal ini sudah seyogyanya dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah (pemda).

“Di antara upaya yang dapat dioptimalkan, salah satunya adalah program digitalisasi, seperti Mypertamina,” katanya dalam Rapat Koordinasi (Rakor) antara Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar dengan stakeholders terkait, dalam rangka Optimalisasi Penerimaan PBBKB Tahun 2022 di Padang, Jum’at (2/12/2022).

Wagub Audy menjelaskan, optimalisasi program ini diharapkan dapat mengatasi ketimpangan-ketimpangan dalam pengelolaan dan distribusi bahan bakar, agar bisa terpantau dengan baik dan masyarakat mendapatkan porsi yang sesuai.

“Agar semua bisa teroptimalisasi dengan baik, perlu dilakukan digitalisasi, sehingga semua bisa terpantau,” ujarnya.

Namun, lanjut wagub, tidak dapat dipungkiri bahwa setiap program membutuhkan anggaran agar bisa berjalan secara optimal.

“Tentunya jika ada program, perlu juga anggaran sehingga hal ini perlu dibicarakan dengan kementerian di pusat,” ungkapnya.

Demikian juga dengan dukungan teknologi maupun berbagai dukungan lainnya dari stakeholders yang terlibat dalam PBBKB harus memumpuni agar optimalisasi program yang berjalan baik sesuai harapan.

Wagub Audy juga mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam forum tersebut dan berharap pertemuan para stakeholder melalui Rakor Optimalisasi PBBKB dapat menyatukan seluruh pandangan untuk turut berkontribusi dalam peningkatan PBBKB ke depan.

Hadir pada Rakor tersebut, Ketua Hiswana Sumbar, Kepala Dinas SDM, Kepala UPTD Pengelolaan Perangkat Daerah Sumatera Barat, serta pengusaha-pengusaha SPBU di Sumbar. GM

 

Facebook Comments Box

Bagikan: