Pemkot Kota Padang Luncurkan Kegiatan Pesantren Ramadan

Seni & Budaya13 Dilihat

Pemerintah Kota (Pemkot) Padang meluncurkan kegiatan Pesantren Ramadan 1444 Hijriah di Auditorium UNP, Rabu (15/3/2023).

Kegiatan ini yang akan diikuti oleh ribuan siswa di Padang. Pesantren Ramadan akan dibuka pada 25 Maret 2023 dan dimulai pada 26 Maret 2023.

Peluncuran program ini ditandai dengan menabuh gendang tambua yang dilakukan Wali Kota Padang Hendri Septa didampingi Asisten I Pemerintah Kota Padang Edi Hasymi, serta Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang Yopi Krislova.

Hendri menyatakan, Pesantren Ramadan akan menjadi kegiatan rutin setiap tahun yang merupakan pengganti pendidikan formal di sekolah SD dan SMP.

Tidak hanya itu, berdasarkan aturan Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), Pesantren Ramadan akan diikuti juga oleh pelajar SMA/SMK.

Menurut Hendri, seperti tahun sebelumnya materi Pesantren Ramadhan mulai dari menghafal Al Quran, zikir, kisah nabi dan sahabat dengan tema mewujudkan generasi yang tangguh berbudaya yang mencintai masjid.

Pesantren Ramadan diikuti pelajar mulai dari Kelas 4 sampai dengan Kelas 6 SD dan kelas pelajar SMP Kelas 7 hingga Kelas 9. Dimulai selepas Subuh hingga selepas Zuhur.

Sementara itu, bagi pelajar nonmuslim selama bulan Ramadan kegiatan belajar dialihkan ke tempat ibadah masing-masing.

Hendri menyampaikan Pesantren Ramadan merupakan komitmen Pemkot Padang agar para pelajar senantiasa bisa mengamalkan ajaran Agama Islam.

Pada acara yang sama, dia juga mewisuda 1.063 siswa SD dan SMP yang telah mengkhatamkan 30 juz Al Quran.

Menurut Hendri, ini merupakan capaian yang baik, karena dari 130.000 anak di Kota Padang sudah khatam hafalan 30 juz Al Quran.

“Ini juga akan terus kota dorong dan ajak anak-anak untuk menghafal Alquran di kota ini. Salah satu program kita juga, minimal siswa hafal 30 juz,” jelasnya dalam situs padang.go.id. GBM

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *