Pemko Padang Launching Padang Command Center 112

Sosial30 Dilihat

Meningkatkan pelayanan, keselamatan dan kesejahteraan masyarakat terkait respon cepat dan efektif dalam menghadapi situasi darurat, Pemerintah Kota (Pemko) Padang melakukan launching “Padang Command Center (PCC) 112”.

Sebagai informasi, inovasi PCC 112 sejatinya diinisiasi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Algamar, dalam menghadirkan satu Ruang Pusat Kendali dan sistem Layanan Kedaruratan Terintegrasi.

Hal tersebut dituangkan dengan direalisasikan oleh Dinas Kominfo bekerjasama dengan Dinas Damkar, BPBD, Satpol PP, Dishub, Dinas Kesehatan, DLH dan DPUPR.

Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Padang Boby Firman menjelaskan, PCC merupakan pusat kendali yang akan menjadi sarana utama dalam mengkoordinasikan berbagai kegiatan dan respons di berbagai bidang.

Seperti pemantauan secara real time aktivitas pelayanan kepada masyarakat, kondisi fasilitas publik dan lalu lintas, semua akan terpantau melalui CCTV.

“Adapun data dan informasi akan tersaji lengkap melalui dashboard-dashboard aplikasi yang tersedia, sehingga memudahkan dalam memantau kinerja dan meningkatkan efektivitas dalam pengambilan keputusan,” ujar Boby Firman di Ruang Padang Command Center seperti dalam situs padang.go.id.

Sementara itu, lanjut Kadis, layanan Call Center 112 merupakan layanan nomor tunggal kedaruratan 112 yang dirancang guna memberikan bantuan cepat, tepat dan terintegrasi kepada masyarakat dalam situasi darurat.

“Adapun situasi darurat yang dimaksudkan tersebut, seperti gempa, longsor, banjir, tsunami, kebakaran, kecelakaan lalu lintas, kriminalitas, keadaan darurat medis serta kondisi kedaruratan lainnya,” jelasnya.

Dijelaskan Kadis, prosedur Call Center 112 tersebut adalah masyarakat dalam situasi darurat dapat menelepon nomor 112 dari operator apa pun secara gratis. Lalu, telepon akan ditanggapi petugas Call Taker di ruang PCC guna diinputkan ke aplikasi Call Center 112.

“Informasi kemudian diteruskan ke OPD kedaruratan terkait. Lalu petugas lapangan menerima informasi darurat melalui aplikasi Mobile Responder di HP untuk ditangani,” katanya.

Menariknya, seluruh aktivitas, mulai dari laporan masyarakat dan response time dari OPD dan kondisi akan terpantau oleh pimpinan melalui telepon seluler atau komputer.

“Sementara proses penanganan kedaruratan akan disajikan secara langsung atau live ataupun dalam bentuk rekaman (recorded) melalui kanal Youtube Kominfo TV, untuk ditonton oleh masyarakat dan media,” tuturnya.

Kadis Kominfo Kota Padang berharap, hadirnya PCC 112 dapat menghadirkan rasa aman dan terlindungi bagi masyarakat dalam menghadapi berbagai situasi darurat yang tidak terduga.

“PCC 112 ini merupakan salah satu bentuk penerapaan Kota Cerdas atau Smart City dan juga sebagai salah satu layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kota Padang,” ungkapnya.

Kominfo Kota Padang juga mengapresiasi atas izin dan kontribusi berbagai pihak, seperti Kementerian Kominfo, PT Digital Sarana Informasi, provider telekomunikasi di Kota Padang (Telkom, Telkomsel, XL, Indosat, Tri dan Smartfren), PT PLN Icon Plus dan sebagainya. GBM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *