Minangkabau Halal Festival Perkokoh Sumbar Sebagai Provinsi Terdepan Wisata Halal

Seni & Budaya15 Dilihat

Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan meresmikan pembukaan Minangkabau Halal Festival (MHF) 2023 di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP) pada 8-10 September 2023.

MHF adalah event festival halal terbesar di Sumatra Barat yang akan menghadirkan 30 lebih jenis kegiatan, 14 industri halal, 140 stan UMKM dan 25 lebih bintang tamu, di antaranya Opick, Syekh Muhammad Jaber dan pasangan artis Dhini Aminarti dan Dimas Seto.

Hal ini terungkap dalam jumpa pers MHF 2023, yang digelar di Ruang Rapat Istana Kompleks Gubernuran Sumatra Barat (Sumbar), Senin (4/9/2023).

Hadir dalam jumpa pers yang diikuti insan pers dari berbagai media nasional dan lokal tersebut, Gubernur Sumbar Mahyeldi, Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP) Prof. Asmar Yulastri, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumbar Endrizal, Kabiro Adpim Mursalim, serta perwakilan event organizer MHF Fitria.

Gubernur Mahyeldi mengapresiasi MHF 2023 yang dinisiasi oleh UNP melalui Pusat Kajian Halal (PKH) UNP dengan menggandeng Masyarakat Ekonomi Syariah Sumatera Barat, Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) dan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Sumbar, serta event organizer nasional yang sudah berpengalaman.

“Peluang industri halal merupakan peluang yang sangat dilirik dunia saat ini. Tren wisata halal menjadi harapan banyak negara muslim. Kehadiran festival ini di Sumatra Barat akan semakin memantapkan dan memperkuat Sumbar menuju provinsi terdepan dalam wisata halal,” ujar gubernur dalam situs sumbarprov.go.id.

Hal senada juga disampaikan Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP) Prof. Asmar bahwa kehadiran MHF sebagai festival halal pertama diluar Jawa setelah Yogyakarta dan Surabaya, akan semakin meningkatkan peran UNP dalam upaya mewujudkan industri halal di Minangkabau.

Pihak EO, Fitria menjelaskan, hal tersebut juga menjadi alasan dipilihnya Sumbar sebagai lokasi penyelenggaraan MHF 2023.

“Ini event MHF pertama di luar Jawa. Kami memilih Sumbar, karena Sumbar sebagai pusat wisata halal, itu alasannya. Event ini juga akan berbeda dengan ivent-ivent sebelumnya di Yogyakarta dan Surabaya. Akan ada penyerahan sertifikasi halal bagi UMKM dan ada Olimpiade Halal yang diikuti siswa SMA SMK se-Sumbar,” jelasnya.

Kegiatan ini gratis dan terbuka untuk umum,. masyarakat nantinya dapat menikmati berbagai stan Usaha Menengah, Mikro dan Kecil (UMKM) kuliner maupun fashion dan lainnya. BIG

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *