Wakil Gubernur Sumatra Barat (Wagub Sumbar) Audy Joinaldy instruksikan jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Damkar dan Satlinmas untuk mengedepankan langkah persuasif dalam menegakkan Peraturan Daerah (Perda) terkait dengan ketentraman dan ketertiban umum di Provinsi Sumbar.

Menurutnya, hal tersebut adalah hakikat dari pengabdian seorang aparatur sipil negara untuk melayani bukan memerangi.

“Jadilah Satpol PP yang humanis, yang disegani masyarakat dengan mengedepankan tindakan-tindakan persuasif dan jangan represif,” ujarnya.

Wagub Audy mengatakan hal itu dalam acara puncak peringatan Hari Ulang Tahun Satpol PP ke-73, Damkar ke-104 dan Satlinmas ke-61 pada tahun 2023 tingkat Provinsi Sumbar di Lapangan Kantor Gubernur, Padang, Selasa (14/3/2023).

“Cara yang santun dan humanis akan menjadi solusi untuk menjaga ketentraman dan ketertiban ditengah masyarakat,” ujarnya dalam situs sumbarprov.go.id.

Dia menjelaskan, cara tegas itu tidak mesti keras karena tindak kekerasan dalam penegakan disiplin, tidak akan menyelesaikan masalah bahkan malah bisa membuatnya menjadi lebih rumit.

“Saya minta Kepala Satpol PP, terus mengingatkan para anggotanya yang bertugas dilapangan untuk mengedepankan sisi humanis. Tidak perlu ada kekerasan dan arogansi, tapi harus tegas dalam menjalankan tugasnya,” ungkapnya.

Selain itu, Wagub Audy mengapresiasi dedikasi yang telah ditunjukkan oleh Jajaran Pemadam Kebakaran saat bertugas di lapangan.

Berdasarkan data Laporan dari Kantor Pemadam Kebakaran se-Sumbar sepanjang tahun 2022, mereka telah berkontribusi untuk menangani 1.529 kasus kejadian kebakaran dan 2.547 kali operasi penyelamatan.

“Saya apresiasi apa yang telah dikerjakan Jajaran Pemadam Kebakaran di Sumbar. Diharapkan kedepan, kita tidak hanya hadir pada saat penanganan, tapi juga bisa membantu pencegahan,” tuturnya

Wagub Audy menyerukan Bravo dan selamat HUT Satpol PP ke-73, Damkar ke-104 dan Satlinmas ke-61 tingkat Provinsi se-Sumbar tahun 2023.

Hadir dalam upacara HUT Satpol PP tersebut Bupati dan Walikota se-Sumbar, Kepala OPD di lingkungan Pemprov Sumbar, Kasatpol PP se-Sumbar dan Kepala Damkar se-Sumbar. GBM

 

Facebook Comments Box

Bagikan: