Gubernur Sumbar Minta Hidupkan Kitabullah di Masyarakat

Nasional10 Dilihat

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) dan Pemprov Riau dapat bekerja sama dalam pengembangan Qari dan Qariah, serta Hafidz dan Hafidzah.

“Mengingat persaudaraan Sumbar dan Riau, Kami juga ingin belajar dari prestasi Qori dan Qoriah Sumatra Barat. Mudah-mudahan pertemuan ini menambah dan meningkatkan ghirah dan semangat kita untuk membumikan Alquran dalam bentuk bacaan dan hafalan,” kata Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi.

Pernyataan itu disampaikan gubernur saat menerima kunjungan Ikatan Persaudaraan Qari-Qariah dan Hafidz-Hafidzah (IPQAH) Provinsi Riau di Masjid Raya Sumatra Barat, Sabtu malam (7/1/2023).

Informasi situ sumbarprov.go.id menyebutkan, kedatangan IPQAH Riau ke Sumbar ini mendapat sambutan hangat dari Buya Mahyeldi, apalagi kedua provinsi ini sudah sejak lama bekerja sama dalam banyak hal.

Kunjungan 52 anggota delegasi IPQAH Riau tersebut adalah dalam rangka silaturahim, sekaligus bertukar ilmu dan pengalaman dengan IPQAH Sumbar, yang sebelumnya berhasil mengantarkan Qari dan Qariah Sumbar meraih juara umum pada MTQ Nasional 2020 dan peringkat ke-5 pada MTQ Nasional 2022 di Kalimantan Oktober tahun lalu.

“Pertemuan semacam ini tentu adalah hal yang sangat positif dalam rangka membangun kedekatan, kerjasama dan sinergi antar provinsi,” ujar Gubernur Buya.

Pertemuan antara Qari-Qariah dan Hafidz-Hafidzah ini diharapkan Buya Mahyeldi dapat memotivasi masyarakat untuk semakin dekat dengan Alquran.

Bila perlu, lanjutnya, kegiatan positif semacam ini dapat diadakan setiap bulan dimulai dari masjid-masjid di tingkat kecamatan.

“Kita kan ada Masjid Raya, Masjid Agung, sampai Masjid Jami di tingkat kecamatan. Jadi, pertemuan ini jadi inspirasi menghidupkan membaca Alquran, sehingga Kitabullah betul-betul hidup di masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua IPQAH Riau Yulhelmi Tarmizi menuturkan, Qari dan Qariah asal Riau sudah cukup lama tidak lagi menorehkan prestasi di tingkat nasional.

Oleh karena itu, dia menambahkan, bersamaan dengan bersilaturrahim dengan saudara-saudara sesama Muslim di Sumbar hendaknya dapat pula saling menimba ilmu untuk meningkatkan capaian prestasi pada gelaran MTQ berikutnya.

“Mengingat persaudaraan Sumbar dan Riau, Kami juga ingin belajar dari prestasi Qori dan Qoriah Sumbar. Mudah-mudahan pertemuan ini menambah dan meningkatkan ghirah dan semangat kita untuk membumikan Alquran dalam bentuk bacaan dan hafalan,” jelasnya.

Turut hadir mendampingi Buya Mahyeldi dalam silaturahim IPQAH tersebut, Biro Kesra Sumbar, Ketua IPQAH Sumbar Rafles dan Qari-Qariah, serta Hafidz-Hafidzah Sumbar. GBM

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *