Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi bersama dengan Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar Hansastri, Asisten, Kepala OPD, beserta Aparatur Sipil Negara (ASN) berjalan santai bersama ASN Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Sumbar.

Jalan santai tersebut dimulai dari Kantor Gubernur menuju ke Masjid Raya Sumbar pada Rabu  (4/1/2023). Di sepanjang jalan, gubernur menyapa masyarakat sekitar.

Sesampainya di Masjid Raya Sumbar, Buya Mahyeldi mulai membersihkan rumput liar di halaman Masjid bersana ASN lainnya.

Tidak hanya rumput, daun-daun yang berjatuhan di sekitaran Masjid juga dibersihkan dan dimasukkan ke dalam karung sampah.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar Masjid Raya Sumbar yang merupakan tempat ibadah tetap bersih dan terjaga keindahannya.

“Ini merupakan suatu berkah bagi Masjid Raya Sumbar, karena memang hal tersebut menjadi semangat kita. Pada tahun 2023 ini, saya harapkan Masjid Raya bersih, rapih dan toiletnya juga lebih bersih,” ujar gubernur dalam situs sumbarprov.go.id.

Sambil bersih-bersih, Gubernur Buya juga berbincang dengan ibu-ibu dan bapak-bapak dari berbagai OPD.

Mulai dari Sekertaris Daerah Provinsi Sumbar, Hansastri, Asisten, hingga kepala OPD tampak semangat mengikuti rangkaian kegiatan ini bersama gubernur.

Selain itu, Buya Mahyeldi juga membersihkan rumput-rumput liar yang menyumbat saluran air agar air tidak menggenang di halaman Masjid.

“Saya harap di toilet baik itu di restoran, perkantoran, dan tempat ibadah, dijaga kebersihannya,” jelasnya.

Gubernur mengatakan, kerapihan kantor menjadi tanggung jawab bersama bukan hanya tugas petugas kebersihan saja.

“Tujuan diadakannya Gotong Royong atau Goro di Masjid Raya adalah selain untuk membersihkan area masjid juga  menyadarkan para pegawai OPD untuk menjaga kebersihan terlebih di lingkungan mereka bekerja,” tutur gubernur.

Pada tahun 2022, dia menambahkan, salah satu hal yang menjadi target kerja Pemprov Sumbar adalah soal kebersihan.

“Hal tersebut kita jadikan target kerja kita di tahun ini, mudah-mudahan hal ini dapat menjadi semangat kita di Pemprov Sumbar dan masyarakat Sumbar dalam melaksanakan perintah Rasulullah, bahwasanya kebersihan tersebut sebagian dari iman,” tuturnya. GBM

 

Facebook Comments Box

Bagikan: