Akselerasi Masjid Raya Sumbar Jadi Kawasan Halal Lifestyle

Ekonomi12 Dilihat

Keberadaan Masjid Raya Sumatra Barat (Sumbar) sebagai ikon kebanggaan masyarakat Sumbar yang masuk dalam jajaran tujuh masjid dengan arsitektur terbaik di dunia dalam kompetisi internasional Abdul Lathif Al Fauzan, saat ini dalam tahap pengembangan menjadi Kawasan Halal Lifestyle (KHL).

Sejumlah langkah strategis telah dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar untuk mencapai tujuan tersebut, mulai dari pembentukan tim terpadu yang terdiri dari berbagai instansi terkait, hingga penyiapan konsep KHL secara detail.

Hal ini terungkap dalam Focus Grup Discussion (FGD) Tim Terpadu Pengembangan Kawasan Halal Lifestyle Masjid Raya Sumbar di RR Excelent Bank Indonesia Perwakilan Sumbar di Padang.

Hadir dalam FGD yang dipimpin Kepala Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumbar Endang Kurnia Saputra tersebut, seluruh anggota Tim Pengembangan KHL Masjid Raya Sumbar maupun perwakilan, baik dari lingkup Pemerintah Provinsi Sumbar maupun instasi vertikal lainnya.

Hadir pula secara daring, Direktur Keuangan dan Ekonomi Syariah Bank Indonesia Wahyu Purnama A.

Beberapa masukan menjadi catatan penting dalam upaya akselerasi pengembangan KHL Mesjid Raya Sumbar, di antaranya pembentukan tim kerja yang berkantor di Masjid Raya Sumbar, pemenuhan beberapa fasilitas dasar di kawasan mesjid, komitmen kuliner halal, hingga pengusulan beberapa model KHL mesjid Raya Sumbar.

Wahyu Purnama dalam pemaparannya menyampaikan bahwa konsep Masjid Raya sebagai KHL tersebut nantinya akan menjadi yang pertama di Indonesia dan diharapkan menjadi contoh bagi daerah bahkan negara lain dalam upaya pengembangan ekonomi syariah.

Menurut Wahyu, yang juga mantan Kepala Perwakilan BAnk Indonesia Sumbar tersebut, banyak yang bisa dikembangkan dalam KHL, di antaranya menghadirkan perbangkan atau ATM syariah, zona KHAS (Kuliner Halal Aman dan Sehat) dan fashion muslim.

Selian itu, pojok edukasi dan literasi, kajian-kajian rutin ekonomi keuangan syariah, paket wisata halal, hingga spot atau fasilitas pernikahan syar’i.

“Kenapa Mesjid Raya Sumbar dipilih jadi pilot project kawasan halal lifestyle, karena kawasan ini sudah ditetapkan jadi pusat pembelajaran ABS-SBK, disamping potensi besar ekonomi syariah di Sumbar, dan juga dukungan kepemimpinan yang religius. Ini harus kita dukung dengan action plan,” kata Wahyu.

Dia menjelaskan, dengan KHL ini juga nanti di Masjid Raya Sumbar juga bisa menjadi pusat berbagai event. seperti festival muharam, Festival Ramadhan, dan lainnya.

“Ini juga nanti bisa diintegrasikan dengan sektor pariwisata yang akan menumbuhkan ekosistem wisata ramah muslim dengan destinasi religius lainnya di Sumbar, sehingga branding dan icon Masjid Raya sebagai Kawasan Halal Lifestyle akan semakin kuat,” jelas Wahyu.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sumbar Endang Kurnia menyampaikan komitmennya untuk terus mengawal KHL Masjid Raya Sumbar. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa kita gelar event soft launching,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sumbar Ria Wijayanti optimis jika KHL Masjid Raya bisa terwujud, akan mempercepat laju pertumbuhan dan peningkatan perekonomian di Sumbar. GBM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *