Utusan Sumbar Raih Tiga Besar Lomba Desa Kelurahan Tahun 2022 Wilayah Sumatra

Nasional8 Dilihat

Sebanyak dua utusan Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), yaitu Desa Kubang Tangah Kecamatan Lembah Segar Kota Sawahlunto dan Kelurahan Kubu Gulai Bancah Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi, berhasil keluar sebagai Juara 3 dalam Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional I Sumatra Tahun 2022 yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri.

Keputusan pemenang yang ditandatangani Mendagri Tito Karnavian ini diumumkan dalam Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (PINDesKel) tahun 2022 di Jakarta, 22-23 November 2022.

Acara dilanjutkan dengan Rakor Pusat dan Daerah untuk Penguatan Kelembagaan Desa/Kelurahan di Aula Ditjen Bina Pemdes Keemendagri Jakarta pada Kamis (24/11/2022).

Juara Lomba Desa Tingkat Regional I selengkapnya urutan 1-5 adalah Desa Purwodadi (Tanjung Jabung Barat, Jambi), Desa Kampung Bandar Agung (Lampung Tengah, Lampung), Desa Kubang Tangah (Sawahlunto, Sumbar), Sekar Biru (Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung), dan Gampong Pasie Merapat (Aceh Selatan, Aceh).

Juara Lomba Kelurahan Tingkat Regional I selengkapnya urutan 1-5 adalah Kelurahan Jelitik (Bangka, Kepulauan Bangka Belitung), Kelurahan Talang Jauh (Jambi, Provinsi Jambi), Kelurahan Kubu Bancah (Bukittinggi, Sumbar), Kelurahan Tanjung Mulia Hilir (Medan, Sumut) dan Kelurahan Tanjung Uncang (Batam, Kepulauan Riau).

Lomba Desa/Nagari dan Kelurahan tahun 2022 dibagi dalam empat regional, yaitu Regional I (Wilayah Sumatera), Regional II (Wilayah Jawa dan Bali), Regional III (Wilayah Kalimantan dam Sulawesi) dan Regional IV (Wilayah Nusa Tenggara, Maluku dan Papua).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar Amasrul, tidak bisa menyembunyikan kegembiraan atas raihan prestasi dari dua utusan Sumbar, yaitu Desa Kubang Tangah Kota Sawahlunto dan Kelurahan Kubu Gulai Bancah Kota Bukittinggi.

Oleh karena itu, tidak salah Tim Penilai dari Dinas PMD Sumbar memilih kedua utusan tersebut sebagai Juara 1 untuk tingkat Sumbar.

“Bapak Gubernur Buya Mahyeldi menyampaikan selamat atas prestasi Desa Kubang Tangah dan Kelurahan Kubu Gulai Bancah, hendaknya keberhasilan ini menjadi motivasi bagi desa, nagari dan kelurahan lainnya untuk dapat pula berprestasi,” ungkapnya.

Tujuan dari Lomba Desa dan Kelurahan ini, kata Amasrul, adalah untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan di Desa/Nagari dan Kelurahan, karena desa/nagari dan kelurahan yang juara dari lomba ini adalah yang paling memenuhi mencapai kriteria yang ditetapkan Tim Penilai.

Hadir dalam pengumuman pemenang Lomba Desa dan Kelurahan Berprestasi tahun 2022 ini Kadis PMD Sumbar Amasrul, Wali Kota Bukittinggi yang diwakili Sekda Martias Wanto Datuak Maruhum, Wali Kota Sawahlunto yang diwakili Kadis PMD, Kabid Pemerintahan Nagari Dinas PMD Sumbar Desrianto Boy, Kepala Desa Kubang Tangah Rice dan Lurah Kubu Gulai Bancah Rani Oktavia. GM

 

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *