Usaha Peternakan Ayam Potong Modern Dapat Tuntaskan Krisis Pangan

Ekonomi14 Dilihat

Usaha peternakan ayam potong modern dengan sistem blower akan dapat menuntaskan masalah krisis pangan yang tengah terjadi di beberapa Negara, termasuk di Indonesia.

Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Buya meresmikan usaha peternakan ayam potong dengan sistem blower itu di kawasan Jorong Silabuik, Nagari Parambahan, Kabupaten Tanah Datar, Senin (9/1/2023).

Peresmian peternakan ayam potong ditandai dengan penekanan sirine oleh Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi sebagai tanda mulai beroperasinya usaha tersebut.

Gubernur mengatakan, usaha perternakan ayam potong yang diberi nama ZD Farm ini dapat menuntaskan masalah krisis pangan yang tengah terjadi di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

“Hadirnya ZD Farm di Tanah Datar semoga dapat menjawab permasalahan krisis pangan. Apalagi Sumbar adalah salah satu provinsi produsen yang mensupply provinsi sekitar Sumbar, termasuk provinsi yang ada di Jawa,” katanya.

Buya juga menyampaikan rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar yang akan melalukan kerja sama atau Sister Province dengan negara bagian Malaysia, yaitu Selangor.

“Selangor meminta untuk ekspor hewan ungags, seperti ayam sebanyak tujuh container,” jelasnya.

Sementara itu, Pemilik ZD Farm Zuldafri Darma, sekaligus Bupati Tanah Datar periode 2020-2021, menuturkan jumlah populasi ayam di sekitar Batu Sangkar sudah memasuki 400.000 ekor ayam pedaging.

“Mohon doa pak Gubernur, semoga usaha ini lancar dan dapat membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat,” ungkapnya.

Bupati Tanah Datar Eka Putra mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumbar dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Tanah Datar, apalagi dengan keberadaan usaha peternakan ayam potong ini sangat membantu sekali dalam mensejahterakan perekonomian masyarakat.

Ucapan bangga juga disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tanah Datar Anton Yondra. Menurutnya, keberadaan ZD Farm dapat berkontribusi dalam menekan inflasi di Sumbar, terlebih di Kabupaten Tanah Datar.

“Wilayah Kabupaten Tanah Datar merupakan daerah terbaik dalam pengelolaan inflasi,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda turut mengucapkan terima kasih karena ZD Farm akan mengembangkan usaha peternakan ayam potong hingga ke Solok Selatan.

Acara peresmian Peternakan Ayam Potong tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPRD Solok Selatan Zigo Rolanda, Sekretaris DPRD Tanah Datar Forkopimda, Camat, beserta seluruh Wali Nagari Kabupaten Tanah Datar. GBM

 

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *