Kegemaran membaca warga Kota Padang terus meningkat dari waktu ke waktu. Terbukti di sepanjang tahun 2023, kegemaran membaca warga setempat meningkat pesat.

Bahkan, mencatatkan nilai tertinggi di Sumatra Barat (Sumbar) dan nasional.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Padang Feri Mulyani Hamid membenarkan hal tersebut.

Menurutnya, Kota Padang mencatatkan nilai tertinggi dan melonjak di daftar kabupaten/kota di Indonesia.

“Berdasarkan data yang diterbitkan Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Tingkat Gemar Membaca (TGM) Kota Padang berada di peringkat kedelapan se-Indonesia, peringkat ini naik dibanding tahun sebelumnya (2022),” jelasnya.

Dia mengakui bahwa nilai TGM Kota Padang di level nasional saat ini, yakni 72,34.

Kota Padang berada di atas Kota Jambi dan Jakarta Pusat, bahkan Kota Padang saat ini berada di atas nilai TGM rata-rata nasional yang hanya 66,77.

“Untuk nilai rata-rata nasional, Kota Padang jauh di atas nilai rata-rata itu. Sementara itu, di tingkat Sumbar, nilai TGM Kota Padang tidak terkalahkan oleh kabupaten/kota lainnya di Sumbar. Kota Padang berada di peringkat pertama,” ungkap Feri.

Di menyebutkan bahwa dengan melejitnya angka TGM Kota Padang, ikut menyumbangkan naiknya angka TGM Provinsi Sumbar di level nasional. Provinsi Sumbar terdongkrak ke peringkat delapan nasional dengan nilai 68,46.

“Naiknya TGM Kota Padang membuat nilai TGM Provinsi Sumatera Barat ikut melejit di tahun 2023,” ungkapnya.

Menurut Kadisperpusip, naiknya TGM Kota Padang berkat upaya pustakawan yang ada di perpustakaan di Padang, termasuk peran serta masyarakat dalam mengajak warga lain untuk gemar membaca.

“Perlahan tapi pasti kita terus berupaya meningkatkan nilai TGM melalui kegiatan yang dilakukan, seperti story telling ke sekolah-sekolah dan di setiap kegiatan Car Free Day, kegiatan read aload, bedah buku dan lainnya,” tutur Feri.

Kadisperpusip berharap, angka TGM di Padang akan terus naik di tahun mendatang dan diharapkan warga Kota Padang tidak ada lagi yang malas membaca. GBM

 

Facebook Comments Box

Bagikan: