Sumbar Tingkatkan Kesejahteraan Petani Dengan Bantuan Alsintan

Ekonomi8 Dilihat

Dalam rangka mewujudkan upaya mempertahankan Sumatera Barat sebagai lumbung padi dan lumbung jagung, Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi menyerahkan secara simbolis bantuan alat dan mesin pertanian.

Bantuan tersebut berupa mesin perontok padi (power thresher) dan mesin perontok jagung (corn sheller) di Desa Sikapak Timur, Kota Pariaman pada Senin (26/12/2022).

Bantuan diserahkan langsung oleh gubernur kepada perwakilan kelompok petani, didampingi Wali Kota Pariaman Genius Umar, Sekretaris Dinas Perkebunan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (Disbuntanhor) Sumbar Ferdinal Asmen, serta pejabat terkait Kota Pariaman.

Gubernur Buya menyatakan, sepanjang tahun 2022, setidaknya sekitar 2.450 jenis alat dan mesin pertanian, baik untuk pra panen dan pasca panen, telah disediakan dan disalurkan kepada kelompok-kelompok tani penerima yang ada di Sumbar.

Harapannya, dia menambahkan adalah budidaya dan pengolahan hasil pertanian dapat dilakukan oleh petani dengan lebih efisien dan efektif.

“Keberadaan alat dan mesin pertanian ini dapat mengurangi biaya operasional petani dan meningkatkan nilai tambah produk pertanian dan tentunya, kita harapkan pendapatan petani juga akan meningkat,” ujarmya.

Buya Mahyeldi juga berharap alat dan mesin pertanian yang ada dapat digunakan secara maksimal, dengan memperkuat aturan-aturan dan prosedur penggunaan alat dan mesin pertanian  sebagai aset kelompok tani.

“Buatlah pembagian peran yang adil bagi para anggota kelompok dalam penggunaan dan pemeliharaan alat dan mesin pertanian itu. Jadikanlah alat dan mesin pertanian yang diterima dari pemerintah ini sebagai alat kebersamaan mencapai tujuan berkelompok,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman Genius Umar sangat mengapresiasi bantuan alat pertanian dari Pemerintah Provinsi Sumbar.

“Saya sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan, semoga dengan adanya bantuan ini hasil pertanian kita akan semakin meningkat,” ungkapnya.

Acara penyerahan ini turut dihadiri oleh perwakilan bupati Padang Pariaman, Kepala Dinas Pertanian Kota Pariaman, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Padang Pariaman, Camat Pariaman Utara, dan Kepala Desa Sikapak Timur.

Sebelumnya, di Kampuang Tangah, Lubuk Basung, Kabupaten Agam, gubernur juga menyerahkan 200 paket produk hortikultura dari Disbuntanhor kepada masyarakat penerima manfaat.

Masing-masing paket terdiri dari bermacam produk hortikultura seperti cabai, bawang, tomat dan sayuran. GBM

 

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *