Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatra Barat memasarkan kerajinan unggulan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ke para buyer/pengusaha dan pedagang Jawa Barat.

Ketua Dekranasda Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) Harneli Mahyeldi membuka acara Temu Bisnis UMKM Kerajinan Unggulan Sumatra Barat tersebut yang diadakan di Asrilia Hotel Kota Bandung, Sabtu (10/12/2022).

“Acara temu bisnis ini merupakan kegiatan tahunan yang selalu dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumbar bersama para pelaku usaha dalam upaya pengembangan pemasaran dengan mempertimbangkan potensi dan dampak ekonomi bagi pelaku UMKM di Sumbar ke depan,” katanya.

Sumbar memiliki dua segmen produk unggulan, yaitu industri pertenunan atau kerajinan dan produk makanan. Namun, pada kegiatan temu bisnis ini, produk yang dibawa adalah kerajinan yang merupakan binaan dari Dekranasda Provinsi Sumbar.

Menurut Harneli Mahyeldi atau biasa disapa Umi Harneli, alasan digelarnya Temu Bisnis UMKM, karena para pengrajin yang dalam skala usaha ekonominya adalah tergolong UMKM sangat menginginkan untuk dipertemukan dengan semua pihak, di antaranya berupa fasilitasi temu bisnis yang saling menguntungkan.

Selain itu, sebagai tindak lanjut dari upaya pembinaan yang telah dilakukan Dekranasda Sumbar adalah kegiatan Achievment Motivation Training (AMT), Peningkatan Teknik Bertenun, Pengembangan Motif dan Tata Warna, Bimbingan Teknis Desain Kerajinan Tenun, Sulaman, Bordir dan Diversifikasi Produk Busana Harian dan Fashion.

Hasil dari semua pembinaan, Umi Harneli menambahkan, dilanjutkan dengan pengolahan busana fashion bekerja sama dengan perancang nasional dan mengupayakan peluang pasar yang lebih luas, baik di dalam maupun di luar negeri.

Dia berharap melalui kegiatan temu bisnis ini dapat menjalin silaturahmi antara keluarga kerabat Minangkabau dan kerabat di Jawa Barat dalam kerja sama kemitraan yang punya hubungan budaya dan adat yang hampir sama di antara dua provinsi ini.

Ibu Gubernur Sumbar ini juga berharap kepada pelaku usaha dan mitra usaha yang ada di Provinsi Jawa Barat dapat bekerja sama dengan para pengrajin yang dihadirkan saat ini.

“Kami berharap jaringan kemitraan dan kerjasama yang saling menguntungkan di antara kedua belah pihak akan lebih berkembang di masa mendatang,” ungkapnya.

Umi Harneli menyampaikan ungkapan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya dan jajaran, juga kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM) Jawa Barat dan Ketua Gebu Minang Jawa Barat, serta Dinas Koperasi UKM Provinsi Jawa Barat.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Jawa Barat Atalia Praratya menyampaikan ucapan terima kasih banyak telah mengadakan acara temu bisnis di Bandung, Jawa Barat.

“Saya berharap, semoga Bandung menjadi ramah untuk bapak ibu dan bisa berkunjung kembali ke Bandung,” jelasnya.

Atalia juga menyampaikan bahwa produk- produk UMKM Sumbar dan Jawa Barat tidak jauh berbeda, Sumbar terkenal akan tenun sulam dan kerancangnya yang berwarna cerah dan meriah, begitupun Jawa Barat yang terkenal akan kebayanya yang merupakan hasil sulam dan kerancang. GBM

 

 

 

 

Facebook Comments Box

Bagikan: