Saatnya Penyuluh Pertanian Sumbar Kembangkan Softskill Berbasis Digital

Ekonomi5 Dilihat

Wakil Gubernur Sumatra Barat (Wagub Sumbar) Audy Jonaldy menghadiri Seminar Nasional Sekolah Pasca Sarjana Unand yang mengangkat tema Posisi dan Kontribusi Ilmu Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan Untuk Kemandirian Masyarakat dalam Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia, yang digelar di Santika Premiere Hotel, Padang, Kamis (8/12/2022).

Berbicara tentang penyuluhan, menurut Audy, terkadang terdengar tidak penting, tapi nyatanya penyuluhan adalah backbone bagi pembangunan, karena persentase sektor ekonomi di daerah merujuk pada agrikultur, maka dalam pengembangan sektor ini penyuluhan sangat dibutuhkan.

Wagub Audy menjelaskan, pada dasarnya ilmu yang dituntut di masa depan cenderung mengarah ke penguasaan softskill.

Meski keduanya tidak bisa dipisahkan Ilmu ini lebih dipentingkan dibandingkan dengan hardskill apalagi di era 4.0 dan pada bidang penyuluhan ini pula, softskill sangat diperhatikan.

“Kalau kita bahas tentang era transformasi, artinya kita harus siap menghadapi perkembangan teknologi yang semakin pesat,” ujar Audy.

Dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar, juga sudah merancang penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat yang berbasis digital.

Mengakhiri paparan materinya, Wagub menuturkan bahwa pemahaman yang terpenting dalam ilmu penyuluhan dan komunikasi pembangunan adalah bagaimana seorang penyuluh paham cara mengkomunikasikan, kondisi dan paham audiensnya.

Selain Wagub, seminar Nasional ini dihadiri juga oleh sejumlah narasumber berkafaah dibidangnya, di antaranya Direktur PT Semen Padang Asri Mukhtar, Wakil Dekan Fakultas Pertanian UGM Subejo, Koordinator Prodi S2 Ilmu Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan Pasca Sarjana Unand Hery Bachrizal, serta dosen pasca sarjana Unand. GM

 

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *