Ruang Command Center Padang Pariaman Diresmikan

Sosial10 Dilihat

Ruang Command Center Kabupaten Padang Pariaman yang berada di lantai dua Kantor Bupati di Kawasan IKK Parit Malintang diresmikan, baru-baru ini.

Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Siti Aisyah bersama Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur meresmikan ruang pengendali informasi tersebut.

Ikut hadir mendampingi Bupati, Sekretaris Daerah (Sekda) Padang Pariaman Rudy Repenaldi Rilis bersama unsur Forkopimda dan kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkab Padang Pariaman, juga Camat, Wali Nagari, Kepala SMP, serta Kepala Puskesmas se-Kabupaten Padang Pariaman.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur menyampaikan rasa terima kasih kepada jajaran Direksi Icon Plus yang berkontribusi penuh, sehingga terwujudnya Command Center ini dan bertekad akan memfungsikan dan memanfaatkan Command Center ini sebagaimana mestinya.

“Pemkab Padang Pariaman akan menjadikan Command Center ini sebagai pusat pengendalian informasi dan pemantauan kondisi kinerja jajaran,” katanya.

Menurut Suhatri Bur, sarana dan media yang tersedia di ruang Command Center diakuinya memang masih jauh dari yang diharapkan, tapi dalam pengembangannya nanti ada dukungan dan perhatian dari Icon Plus maupun pemerintah provinsi, sehingga pengadaannya bisa mencapai tahap kesempurnaan.

“Mohon juga perhatian dari semua pihak, untuk peningkatan pelayanan secara digitalisasi melalui integrasi Commad Center ini, termasuk nanti perhatian Icon Plus kembali,” jelasnya.

Sementara itu, mewakili Gubernur Sumbar yang diwakili Kepala Diskominfotik Siti Aisyah menyatakan ikut memberi support dan mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman dalam mengoptimalkan implementasi gerakan smart city di wilayahnya.

Harapannya, Pemkab Padang Pariaman semakin dapat berinovasi dengan adanya Command Center ini untuk mewujudkan pelayanan publik yang dapat memudahkan di era digital ini.

“Pemerintah provinsi ikut mendukung program ini, mudah-mudahan nantinya dapat lebih dimaksimalkan dalam pelayanan kepada masyarakat, termasuk dalam membuat kebijakan yang cepat dan tepat, serta berpihak pada kepentingan publik,” ungkapnya.

Dari pihak PLN Icon Plus, Panca Prattamto, Vice President Man Penjualan Segmen Pemerintahan Energi, Konstruksi dan Hospitality menyatakan, Icon Plus hadir ikut membantu dan mendukung implementasi smart city di Kabupaten Padang Pariaman.

“Pihak Icon Plus menghibahkan satu ruangan Command Center sebagai Center Operation City dan kami sangat mendukung, memberi support pengembangan ke depan,” katanya.

Lebih lanjut, Panca menjelaskan bahwa Command Centre akan sangat berguna dalam mengambil keputusan yang cepat dan tepat bagi pimpinan daerah, karena tempat ini berkumpul semua informasi, segala kebutuhan data, mudah mengfungsikan peran pengawasan pengendalian dari seorang kepala daerah terhadap perangkat daerahnya.

“Keputusan yang cepat dan tepat dapat diambil, karena segala kebijakan pertimbangan sudah dapat diakses dalam satu ruangan ini,” tuturnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padang Pariaman Zahirman dalam laporannya menyebutkan, pembangunan gedung Command Centre bertujuan untuk mendukung implementasi gerakan smart city. Pemanfaatannya akan dapat menghadirkan berbagai kemudahan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Seluruh kebutuhan data akan dipadukan disini, dan Pak Bupati bisa melakukan pemantauan dan pengawasan dari ruangan Command Centre tersebut,” ungkapnya.

Lebih Zahirman mengungkap, Pemkab Padang Pariaman telah memiliki super up aplikasi Intan Bernik. Dengan media Command Centre, Intan Bernik akan dijadikan induk seluruh data lintas kebutuhan akan terintegrasi dan terkoneksi dalam satu ruangan pemantauan.

“Terima kasih jajaran Direksi Icon Plus, dengan teknologi yang ada Padang Pariaman akan ada dalam satu ruangan dan genggaman,” ujarnya. GBM

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *