Puskesmas Ambacang di Kota Padang meluncurkan program PADI, akhir pekan lalu.

PADI merupakan akronim dari Persiapan persalinan dan perencanaan nifas, Anemia dan gizi ibu hamil (bumil), Inisiasi menyusui dini dan Air Susu Ibu (ASI) ekslusif, Imunisasi dasar dan lanjutan, serta Ibu hamil maupun yang telah melahirkan yang ingin mendapatkan informasi tentang kehamilan, kesehatan, persalinan dan lainnya, dapat mengakses situs http://ambacang.puskesmas.padang.go.id.

Program itu ditujukan bagi ibu hamil dan ibu telah melahirkan, agar tetap sehat dan meraih generasi hebat.

Peluncuran program PADI digelar di Masjid Taufiq, Kayu Gadang, Pasar Ambacang oleh Camat Kuranji. Peluncuran program ini disaksikan langsung Kepala Puskesmas Ambacang drg Rini Zulfianty.

“Program PADI ini menyasar ibu hamil dan yang telah melahirkan, bagaimana ibu hamil mengetahui pentingnya persiapan persalinan, pentingnya gizi dan mencegah anemia pada ibu hamil, IMD dan ASI ekslusif, serta bagaimana perlunya imunisasi dasar dan lanjutan pada anak,” ungkap Kepala Puskesmas Ambacang drg Rini Zulfianty.

Mendapatkan informasi tentang PADI pada website milik Puskesmas Ambacang itu cukup mudah. Saat mengakses website, kaum hawa dapat mengklik menu Layanan pada toolbar, kemudian memilih menu Program Inovasi, dan menu PADI.

Di menu PADI itu, terdapat empat macam layanan yang diperlukan.

Selain meluncurkan program PADI, Puskesmas Ambacang juga membuka kelas bagi ibu hamil di Masjid Taufiq, Kayu Gadang, Pasar Ambacang.

Pada pertemuan dengan sejumlah ibu hamil itu, puskesmas setempat juga memberikan pengetahuan tentang kehamilan dan imunisasi pada anak.

Camat Kuranji yang diwakili Kasi Kesos Yeni Eneri mengaku bangga dengan program yang dicetuskan Puskesmas Ambacang ini.

Inovasi PADI yang digagas tentunya akan memudahkan ibu hamil maupun yang melahirkan, terutama dalam mendapatkan berbagai infromasi yang diperlukan.

“Selain program inovasi itu, melalui kelas ibu hamil juga dapat memberdayakan wanita dengan menanamkan rasa percaya diri, mengurangi kecemasan,dan menciptakan jaringan pendukung antara ibu-ibu calon dan membuka kelas online untuk bumil,” ujarnya.

Yeni menekankan, bagaimana pentingnya kelas bagi ibu hamil, sehingga ibu hamil dapat selalu sehat sampai melahirkan nantinya. GBM

 

Facebook Comments Box

Bagikan: