Pemprov Sumbar Luncurkan Layanan Mudik Digital

Nasional8 Dilihat

Pemerintah Provinsi Sumatra Barat ((Pemprov Sumbar memprediksi akan terjadi lonjakan pemudik pada Idulfitri 1444 Hijriah, setidaknya peningkatan bisa empat kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu.

Jadi, dibutuhkan langkah-langkah untuk mengantisipatif terjadinya lonjakan pemudik usai menurunnya pandemi Covid-19.

Hal ini dikemukakan oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Sumatra Barat, Siti Aisyah dalam keterangannya di Kantor Diskominfotik, Padang, Sabtu (15/4/2023).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Diskominfotik Sumbar meluncurkan layanan mudik digital “Informasi Mudik Sumatera Barat 2023/1444 H”.

Layanan mudik digital tersebut bertujuan agar masyarakat bisa terhindar dari segala persoalan yang kerap dihadapi selama mudik Lebaran.

Layanan tersebut dapat diakses melalui tautan https://linktr.ee/DiskominfotikSumbar.

“Berbagai informasi penting kita disediakan, layanan ini tidak hanya bermanfaat untuk pemudik, melainkan seluruh masyarakat Sumbar, baik di ranah maupun di rantau,” jelasnya.

Menurut Siti, layanan mudik digital ini memuat berbagai informasi yang akan memudahkan mobilitas masyarakat selama berada di Sumbar.

“Informasi yang tersedia antara lain, penerapan sistem satu arah atau one way system di jalur padat Sicincin menuju Bukittinggi, panduan pariwisata, lokasi SPBU, Posko Lebaran, hingga lokasi fasilitas umum terdekat di Sumbar,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, layanan mudik digital juga di desain agar masyarakat bisa mengetahui pilihan jalur alternatif yang tersedia, informasi yang memuat daftar nomor penting.

Nomor telepon penting itu, seperti Kepolisian, Pemadam Kebakaran, Layanan Mobil Derek, Layanan pengaduan melalui aplikasi WhatsApp, dan berbagai informasi lainnya di lingkungan Provinsi Sumbar. GBM

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *