Pembangunan Pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik Urai Kemacetan Lalin Padang-Solok

Ekonomi, Sosial11 Dilihat

Proyek pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik yang digagas pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) sangat dibutuhkan guna mengurangi kemacetan, serta kecelakaan yang kerap terjadi pada arus lalu lintas (lalin) Padang-Solok.

Sebagai bentuk dukungan sekaligus upaya percepatan pembangunan fly over, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir, didampingi Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy dan Anggota DPR Andre Rosiade, meninjau langsung kondisi jalan nasional tersebut, Selasa (20/12/2022).

Turut serta dalam peniniauan tersebut jajaran dari Hutama Karya (HK) yang menurut Erick, sengaja diikutsertakan untuk melihat langsung kondisi riil, sekaligus memulai persiapan.

“Untuk pembangunan fly over ini, kami dari BUMN mendukung dengan menurunkan Hutama Karya untuk persiapannya,” kata Erick.

Sitinjau lauik, menurut Erick, merupakan salah satu jalur yang sangat terkenal, menjadi penghubung nasional yang ada di daerah Sumatra.

Hal tersebut menjadikan proyek fly over ini penting untuk segera terlaksana agar cepat menggerakan perekonomian masyarakat Sumbar.

Erick juga menyebut pembangunan fly over di Sitinjau Lauik juga sebagai bentuk dukungan untuk memajukan sektor pariwisata di Sumbar.

Jalur ini merupakan jalur yang dilewati wisatawan lokal dari luar Sumbar menuju sejumlah destinasi wisata di Ranah Minang.

Sektor pariwisata sudah terbukti mampu dengan cepat menggenjot pemilihan ekonomi usai pandemi.

“Sekitar 70% pemasukan pariwisata Indonesia itu karena wisatawan lokalnya dan kita tentu benerin infrastrukturnya,” ungkap Erick.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joynaldi juga berterimakasih atas pembangunan fly over Sitinjau Lauik ini yang akan menjadi bagian sangat penting bagi masyarakat Sumbar.

Selain itu, dengan hadirnya fly over ini aksebilitas keluar masuk Kota Padang jadi sangat memudahkan, baik sektor wisata maupun ekspedisi.

“Jalur Sitinjau Lauik ini merupakan jalur yang menghubungkan enam kabupaten/kota di Sumatra Barat dan ini sangat penting, Dengan adanya jalur fly over ini akan mengurangi biaya transportasi, sehingga akan menurunkan harga barang,” jelas Audy.

Hal senada pun juga disampaikan langsung oleh Andre Rosiade Anggota DPR atas dukungan Menteri BUMN yang telah memberikan dukungan dan langkah serius dalam pembangunan Fly Over Sitinjau Lauik untuk Masyarakat Sumbar.

“Alhamdulillah pak menteri sudah menunjuk Hutama Karya untuk melakukan penelitian pembangunan fly over Sitinjau Lauik ini, saat ini HK juga tengah melakukan penelitian terkait bentuk bangunan yang akan dibuat nanti, Insya Allah pada Maret 2023 penelitian proyek HK selesai dan bisa dimulai Oktober 2023,” ujar Andre. GBM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *