Kota Pariaman Deklarasi ODF 100%

Nasional31 Dilihat

Kota Pariaman menjadi Kota Open Defecation Free (ODF) dan Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi meresmikannya.

Diketahui pada tahun 2022, merupakan pencapaian besar bagi Sumatera Barat, bahwasanya terdapat empat kabupaten/kota yang mencapai ODF.

Hal tersebut terungkap dalam acara Deklarasi ODF Kota Pariaman atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stops BABS) di Pantai Gandoriah pada Kamis (22/12/2022).

Gubernur mengatakan, saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar tengah mendorong seluruh kabupaten/kota menuju daerah yang ODF, termasuk Kota Pariaman.

Oleh karena itu, Pemprov Sumbar kini tengah fokus melaksanakan perbaikan fasilitas masyarakat terutama pencegahan wabah penyakit, lingkungan hidup dan penanganan masalah sampah.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Kota Pariaman yang begitu serius dalam penanganan kesehatan masyarakat. Saya harap kabupaten/kota lainnya dapat meniru Kota Pariaman, karena di Sumbar masih terdapat beberapa titik daerah kumuh yang perlu diperbaiki agar keperluan dan kebutuhan masyarakat dapat dimaksimalkan,” katanya.

Kota Pariaman bisa menjadi percontohan bagi daerah lain karena saat ini baru ada empat kabupten/kota yang ODF 100% di Provinsi Sumbar Tahun 2022. “Kita akan terus dukung agar kabupaten/kota lainnya juga ODF,” tegas Gubernur Buya.

Selain itu, gubernur menyampaikan terdapat tiga kiat untuk mendorong sebuah kota menjadi kota berstandar internasional, salah satunya adalah angkutan publik.

Kini, Pemprov Sumbar akan menjadikan Kereta Api Indonesia (KAI) menjadi angkutan umum baik dalam kota maupun di luar kota,” ungkapnya.

Selanjutnya adalah ketersediaan air minum atau PDAM harus terjamin di seluruh daerah, dan ketersediaan Green Energy.

Gubernur menjelaskan, saat ini Pemprov Sumbar tengah fokus mengurangi penggunaan energi batu bara dan energi fosil lainnya.

Sementara itu, Walikota Pariaman Genius Umar menegaskan, Deklarasi ODF adalah sebagian upaya menjaga kebersihan.

Selain itu, lanjutnya, kesehatan menjadi salah satu faktor penting dalam kesejahteraan dan kemajuan suatu daerah.

Deklarasi ODF ini merupakan perwujudan dari perilaku hidup sehat. Keberhasilan ODF 100% tidak terlepas dari kerja sama OPD dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman mulai dari dinas sampai ke desa dan kelurahan.

“ODF 100% di Kota Pariaman harus kita pertahankan demi kebaikan bersama, sehingga warga Kota Pariaman terhindar dari penyakit menular,” jelas Genius. GBM

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *