Kementerian Pertahanan (Kemenhan) menyerahkan bantuan untuk masyarakat terdampak banjir lahar hujan dan tanah longsor di Sumatra Barat (Sumbar) pada Kamis (16/5/2024).

Bantuan diserahkan langsung oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan didampingi oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letnan Jenderal TNI Suharyanto.

Penyerahan bantuan ini dilakukan sebagai bukti bahwa semua pihak peduli terhadap bancana yang sedang terjadi di Sumbar.

Pada kesempatan ini, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mendampingi penyerahan bantuan yang diserahkan langsung oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Bantuan yang diserahkan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar para warga terdampak yang masih mengungsi akibat banjir lahar hujan dan tanah longsor, khususnya di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar.

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo menyatakan, semua unsur mesti ambil bagian dalam tindakan-tindakan yang bisa meringankan beban dan kesulitan mereka yang terdampak bencana.

“Kita semua harus segera ikut mengambil tindakan-tindakan yang bisa meringankan kesulitan ini. Kita semua harus mengerti bahwa negara kita memang rawan dari bencana, karena itu kita harus lebih siap dan lebih bisa mengatur langkah reaksi dan langkah pengerahan sumber daya untuk meringankan kesulitan rakyat,” katanya.

Sementara itu, Kepala BNPB Letnan Jenderal Suharyanto mengatakan, mendukung upaya yang dilakukan Kemenhan guna meringankan beban dan kesulitan warga terdampak.

Dia menambahkan, selain upaya pemenuhan kebutuhan dasar, upaya lain berupa mencegah bencana dari sumbernya juga dilakukan salah satunya pelaksanaan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Pelaksanaan TMC dilakukan sebagai upaya untuk menahan dan mengatur curah hujan yang turun di wilayah Sumbar.

Suharyanto berharap dengan adanya bantuan-bantuan ini penanganan darurat bencana di Sumbar dapat segera beralih menuju pemulihan. GBM

 

Facebook Comments Box

Bagikan: