Kepala Dinas Kominfotik Sumbar yang diwakili Kepala Bidang IKP Indra Sukma membuka pelaksanaan Rapat Kerja Daerah Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) 03 Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) tahun 2024, yang dilaksanakan di Hotel Grand Malindo, Kota Bukittinggi, baru-baru ini.

Acara tersebut dengan tema Mengoptimalisasi Kepengurusan Organisasi Dalam Rencana Kerja Nyata Demi Kemajuan RAPI 03 Sumatra Barat Kedepan.

Indra, dalam kesempatan tersebut menyampaikan sambutan tertulis Gubernur Sumbar mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya Rapat Kerja Daerah Daerah RAPI 03 Provinsi Sumatra Barat adalah untuk mengevaluasi program kerja pengurus daerah RAPI Provinsi Sumbar dan merencanakan program kerja lanjutan.

Menurutnya, sebagai lembaga sosial, RAPI sangat perlu untuk menata Kembali setiap elemen pendukung organisasinya.

Dalam Organisasi RAPI ada TIM Reaksi Cepat (TRC), ada Rapi Raider (RR), ada Bantuan Komunikasi (Bankom) dan ada juga Jaringan Komunikasi (Jarkom).

“Kesigapan dan kemampuan TRC, RR, Bankom dan Jarkom tentunya akan dapat maksimal, jika organisasi yang menaunginya berada dalam kondisi yang maksimal,” kata Indra.

Dia menambahkan, kehadiran RAPI di tengah-tengah masyarakat sangat penting, artinya kebakaran hutan, banjir dan bencana lainnya memerlukan kehadiran RAPI untuk menyampaikan berita yang akurat tentang keadaan yang sebenarnya.

Jaringan telekomunikasi masih belum dapat dijangkau di beberapa daerah di Sumatra Barat.

Untuk itu, kata Indra, peran RAPI dalam membantu komunikasi sangat diperlukan.

“Radio Komunikasi memiliki peranan penting dalam kondisi kebencanaan di Indonesia. Bahkan untuk di Sumatra Barat, waktu bencana itu terjadi hingga beberapa waktu setelah bencana, tidak sedikit relawan dari Anggota RAPI yang berpartisipasi aktif dalam memberikan bantuan dan Frekwensi RAPI menjadi pusat Informasi,” tuturnya.

Diharapkan, melalui Rakerda RAPI kali ini, dapat disusun sebuah Rencana Strategis dan Program Kerja yang akan ditindaklanjuti dengan program Jangka Pendek, Menengah dan Panjang, sehingga kita akan dapat begandengan tangan dalam melaksanakan Pembangunan Sumatra Barat secara konsekuen dan berkesinambungan. GBM

Facebook Comments Box

Bagikan: