Rangkaian gempa bumi tektonik Sabtu, 8 April 2023 guncang wilayah Bukittinggi Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).

Akibat guncangan gempa bumi tektonik susulan atau after shock dengan Magnitudo 4.5, kawasan krast Ngarai Siaok di Nagari Sianok Anam Suku, Kecamatan Kato Kabupaten Agam Sumbar mengalami longsor.

Menurut informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bukittinggi, getaran gempa bumi terus dirasakan masyarakat Sumbar pascagempa bumi kekuatan (Magnitudo) 6,4.

Pada Sabtu (8/4/2023) sekitar pukul 12.21 WIB, gempa berkekuatan 4,5 terjadi dan dirasakan sebagaian besar masyarakat di wilayah Bukittinggi.

Bahkan, dampaknya tebing Ngarai Sianok dengan ketinggian 50 meteran dan lebar 10 meter mengalami longsor.

Berdasarkan data dari Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Padang Panjang, gempa yang melanda wilayah Bukittinggi, Sumbar terjadi pada pukul 12.21 WIB.

Gempa berkekuatan Magnitudo 4,5 berada di darat 9 km Barat Laut Kota Bukittinggi, dikedalaman 10 km atau masuk kategori gempa bumi tektonik dangkal.

Sementara itu, episentrum gempa bumi berada di 0.30 derajat Lintang Selatan dan 100.28 derajat Bujur Timur.

Setelah itu, beberapa menit terjadi sejumlah rangkaian gempa susulan atau after shock.

Pada pukul 12.32 WIB kembali terjadi gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 3,9. Pusat gempa bumi berada di darat dikedalaman 10 km, berada di 7 km Kota Bukittinggi dan episentrum gempa berada di 0,29 derajat Lintang Selatan dan 100,30 derajat Bujur Timur.

Kemudian kembali terjadi pada pukul 12.52 WIB dengan kekuatan Magnitudo 2,8. Pusat gempa berada di 6 km Kota Bukittinggi dikedalaman 10 km.

Episentrum gempa bumi berada di 031 derajat Lintang Selatan dan 100,31 derajat Bujur Timur.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, peristiwa gempa bumi Bukittinggi merupakan aktivitas rentetan delapan gempa atau fores hock, main shock dan after shocks.

“Aktivitas rentetan delapan gempa itu di Bukittinggi Sumatra Barat sejak kemarin,” kata Daryono dalam instagramnya @daryonobmkg.

Gempa M4,5 yang terjadi pada Sabtu, 8 April 2023 siang memicu terjadinya longsor di Ngarai Sianok, perbatasan Bukittinggi dan Agam. GBM

 

 

Facebook Comments Box

Bagikan: