Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) resmi menutup Pelatihan Dasar Manajemen Bencana Tahun 2023, yang diadakan di Hotel Truntum Padang pada 13-17 Maret 2023.

Acara penutupan diwakili oleh Kabid Pengembangan Kompetensi Teknis Monita, atas nama Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Sumbar.

Menurut Monita, tujuan Pelatihan Dasar Manajemen Bencana adalah untuk meningkatkan kompetensi personil Kebencanaan BPBD Kota Padang dalam bidang pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam penanggulangan bencana.

“Ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya korban baik harta benda maupun nyawa serta meningkatkan kinerja ASN yang lebih professional,” katanya dalam situs sumbarprov.go.id.

Monita juga mengapresiasi kehadiran dan partisipasi aktif peserta selama lima hari pelatihan, yang terpantau melalui presensi kehadiran dan rekaman video sebagai bentuk dukungan teknologi informasi untuk mengatasi kendala jarak, ruang, dan waktu.

“Ini sangat penting mengingat pada saat bersamaan juga sedang berlangsung Pelatihan Teknis PPK SKPD sebanyak dua angkatan di BPSDM,” jelasnya.

Sebagai personil kebencanaan, Monita mengingatkan bahwa kemampuan peserta tidak diragukan lagi, namun regulasi yang terus berubah membuat keahlian perlu terus diasah.

“Kompetensi atas penguasaan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standar perlu diukur dan diakui dengan pemberian Sertifikat Tanda Telah Menyelesaikan Pendidikan Pelatihan (STTPP),” tutur Monita.

Berdasarkan penilaian yang dilakukan terhadap 30 personil Kebencanaan BPBD Kota Padang yang mengikuti pelatihan, sebanyak 70% peserta dinyatakan lulus dengan nilai Memuaskan dan 30% dinyatakan lulus dengan nilai Cukup Memuaskan.

Ketiga peserta terbaik secara berurutan adalah Rifqi Arif, Frendyco Orlando, dan Agung Lasmana.

Monita berterima kasih dan sangat mengapresiasi semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan Pelatihan Dasar Manajemen Bencana ini, termasuk narasumber, evaluator dan penyelenggara.

Kegiatan ini terlaksana atas Kerjasama antara BPBD Kota Padang dengan BPSDM Provinsi Sumbar dengan pola fasilitasi, dan narasumber berasal dari Pusdiklat PB BNPB, WI BPSDM dan praktisi kebencanaan.

Diharapkan ke depan, personil BPBD Kota Padang dapat semakin berperan dan berfungsi dengan lebih efektif. GBM

 

 

 

Facebook Comments Box
Bagikan: