Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat menekankan kepada 33 panitia pengawas (panwas) pemilu kecamatan tetap menjaga integritas dalam menjaga setiap tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024 di daerah ini.

Ketua Bawaslu Pasaman Barat Wanhar mengatakan, sebanyak 33 orang panwaslu kecamatan itu telah dilantik pada Jumat (24/5/2024) dan menjunjung tinggi integritas dan menjaga nama baik Bawaslu harus diutamakan.

“Panwaslu kecamatan haris menjalankan tugas, wewenang dan tangung jawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ungkapnya.

Panwaslu kecamatan juga harus mempu menjalin koordinasi dengan forum koordinasi pimpinan kecamatan yang ada.

“Untuk Pasaman Barat ada 11 kecamatan. Masing-masing kecamatan alam ditempatkan tiga orang penwaslu kecamatan,” jelasnya.

Jika ada masalah maka koordinasi akan cepat dilakukan di tingkat kecamatan, sehingga masalah bisa diselesaikan dengan cepat.

Menurutnya, panwaslu kecamatan ini merupakan pengawal demokrasi, ujung tombak di pilkada, sehingga bekerja harus profesional dan berintegritas, bekerja sesuai dengan regulasi, jangan keluar dari regulasi regulasi.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur Bupati dan Wali Kota pengawasan harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Saya tegasnya tidak ada yang namanya suap menyuap dalam proses pengawalan ini. Mari sukseskan Pilkada 2024,” tegasnya. GBM

Facebook Comments Box

Bagikan: