Akademi TNI dan Panitia Daerah Gelar Rapat Evaluasi Persiapan Latsitardanus XLIII/2023 Provinsi Sumbar

Nasional20 Dilihat

Dalam rangka pemantapan persiapan menjelang penyelenggaraan Latihan Integrasi Taruna Werda Nusantara (Latsitardanus) XLIII/2023, di Sumatra Barat (Sumbar) pada Mei 2023, Badan Kesbangpol Sumbar menggelar Rapat Evaluasi Hasil Survei Teknis Kegiatan yang akan diikuti sekitar 1.350 taruna.

Rapat tersebut dipimpin oleh Kepala Badan Kesbangpol Sumbar, Jefrinal Arifin bersama dengan Pabanopsdik Ditdik Akademi TNI, selaku Kalakgiat Latsitardanus XLIII, Kolonel Inf. Zulkifli di Auditorium Gubernuran Sumbar Kota Padang, Jumat (10/3/2023).

Informasi situs sumbarprov.go.id menyebutkan rapat evaluasi dihadiri seluruh stakeholder yang terlibat dipaparkan hasil survei teknis secara detail dan rencana jalannya kegiatan dengan segala dukungan fasilitas dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar dan pemerintah kabupaten dan kota yang menjadi lokasi kegiatan.

Pemaparan disampaikan langsung oleh Kolonel Inf. Zulkifli, mulai dari prosesi berlabuhnya dua kapal KRI di Pelabuhan Teluk Bayur yang membawa 1.350 taruna, prosesi pembukaan di Istana Gubernuran, hingga pengiriman taruna ke lima kabupaten dan kota dan rencana aksi fisik dan non fisik di lokasi sasaran, terutama sekali detail penyambutan Panglima TNI di Bandara Internasional Minangkabau, serta prosesi acara pembukaan di Kompleks Istana Gubernuran.

“Selain persiapan ini, kita juga harus siapkan cadangan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi, terutama cuaca, sehingga peserta bisa dengan cepat bergeser, sedangkan beberapa hal lain yang masih perlu dikoordinasikan agar segera mungkin dikoordinasikan,” kata Zulkifli.

Dia menggaris bawahi tiga hal penting yang menjadi perhatian, yakni Acara Penyambutan Kedatangan di Pelabuhan Teluk Bayur, Transportasi Peserta Kegiatan dalam perpindahan dari Teluk Bayur ke Kompleks Istana Gubernuran Sumbar pada saat Gladi Kotor, Gladi Bersih dan Acara Pembukaan.

Kemudian transportasi peserta menuju wilayah latihan masing-masing, serta Transportasi Pimpinan Tinggi TNI/Polri/Sekolah Kedinasan yang turut serta hadir selama jalannya kegiatan, di antaranya Panglima TNI dan Kapolri.

Zulkifli juga mengapresiasi persiapan yang dilakukan oleh panitia daerah Latsitardanus XLIII Provinsi Sumbar dan panitia daerah kabupaten kota terpilih.

Selanjutnya tim Akademi TNI direncanakan akan berkunjung kembali ke Sumbar pada April 2023.

Kepala Badan Kesbangpol Sumbar berharap dengan kerja sama dan gotongroyong semua pihak antara Pemprov Sumbar, serta dari unsur TNI/Polri menjadikan perhelatan besar Latsitardanus berjalan dengan memuaskan semua pihak yang terliba, sesuai dengan arahan Gubernur Sumbar untuk menjadi tuan rumah yang baik. GBM

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *