Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) sejak 2023 telah menghadirkan situs yang bisa diakses publik terkait APBD Pemprov Sumbar tahun berjalan melalui dashboard.sumbarprov.go.id.

Upaya tersebut karena sadar sepenuhnya bahwa hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

Melalui platform dashboard.sumbar.go.id, khalayak dapat memantau dan monitoring realisasi keuangan dan fisik, serta pencapaian target kinerja organisasi perangkat daerah di Provinsi Sumatra Barat, secara realtime, termasuk juga paket pengadaan, baik secara epurchasing, nonpurchasing maupun tender dan nontendering, serta hibah.

Selain itu juga juga terdapat rubrikasi berupa dashboard data analytics, indikator kinerja utama, indikator kinerja daerah, indikator kinerja program, program unggulan hingga capaian PK eselon II.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Sumbar Siti Aisyah menyebutkan, keberadaan dashboard ini merupakan wujud komitmen badan publik untuk menyediakan dan melayani permintaan informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/proporsional, dan cara sederhana.

Dashboard monitoring ini menunjukkan keseriusan Pemprov Sumbar dalam hal mewujudkan good government dan clean government, yaitu dengan menampilkan data-data kinerja seluruh perangkat daerah secara realtime, by system,” ungkap Kepala Dinas Kominfotik Sumbar Siti Aisyah.

Dia menjelaskan, melalui mekanisme dan pelaksanaan prinsip keterbukaan, akan tercipta kepemerintahan yang baik dan peran serta masyarakat yang transparan dan akuntabilitas yang tinggi sebagai salah satu prasyarat untuk mewujudkan demokrasi yang hakiki. GBM

 

 

 

Facebook Comments Box

Bagikan: