Wali Kota (Wako) Padang Hendri Septa melakukan launching secara simbolis Trans Padang Koridor VI dengan jalur pusat Kota menuju Kampus Universitas Andalas (Unand) pada Senin (19/12/2022).

Trans Padang merupakan program Pemko Padang dalam pengembangan moda transportasi massal yang dilaksanakan oleh Perumda Padang Sejahtera Mandiri (PSM).

Direktur Perumda PSM Rico Rahmadian Albert menyebutkan koridor VI ini akan melewati 67 halte mulai dari pusat kota hingga kampus Unand Limau Manis.

“Untuk melayani koridor VI ini akan ada 10 bus Trans Padang yang beroperasi dari Pusat Kota hingga Kampus Unand,” jelasnya.

Untuk ongkos kata Rico, menaiki Trans Padang masih menggunakan sistem pembayaran nontunai berupa uang elektronik dengan tarif sekali jalan Rp3.500 bagi masyarakat umum dan Rp1.500 untuk pelajar dan anak-anak.

“Armada Trans Padang yang disediakan dilengkapi dengan kamera pengawas dan alat pemantau yang bisa mendeteksi jika sopir mengemudi ugal-ugalan sehingga bisa dilakukan pengawasan secara langsung,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Perumda PSM juga meluncurkan aplikasi Trans Padang, yang bisa digunakan penumpang untuk mengecek posisi bus hingga melakukan pembayaran.

Sementara itu, Wako Hendri menjelaskan, peluncuran Trans Padang ini salah satu program unggulan Pemko Padang dalam rangka menyediakan transportasi umum yang nyaman dan menurunkan kemacetan.

“Dengan adanya koridor VI akan dapat melayani mahasiswa Unand dan masyarakat, sehingga lebih bisa mendapatkan transportasi yang aman, nyaman serta murah,” ungkapnya.

Pemerintah Kota Padang berharap dengan hadirnya koridor VI ini, kesadaran masyarakat menggunakan transportasi publik semakin meningkat, karena juga bisa menekan kemacetan pada jam tertentu, dan dengan menggunakan transportasi umum ini jumlah kendaraan pribadi bisa dikurangi.

Menurut Hendri, untuk saat ini Trans Padang sudah melayani enam koridor yaitu koridor I Lubuk Buaya-Pasar Raya, koridor IV Teluk Bayur-Anak Air, Koridor V Indarung-Pasar Raya dan Koridor VI Unand Limau Manis-Pusat Kota.

“Rencana selanjutnya dalam waktu dekat ini kita akan membuka dua koridor lagi melayani rute Pusat Kota-Bungus Teluk Kabung dan Pusat Kota -Air Pacah melalui Nanggalo atau Steba,” ujarnya. GBM

 

Facebook Comments Box

Bagikan: