Sumbar Terima Hibah Pabrik Minyak Goreng Mini dan Smart Greenhouse dari Kementan

Ekonomi9 Dilihat

Dua Kelompok Tani dari Pesisir Selatan dan Kota Padang, Sumatra Barat mendapatkan hibah teknologi tepat guna dari Kementerian Pertanian yang dipamerkan dalam Penas Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) XVI di Padang.

“Kelompok tani di Pesisir Selatan mendapatkan hibah Pabrik Minyak Goreng (Pamigo) mini dan kelompok tani di Kota Padang menerima Smart Greenhouse,” kata Kepala Dinas Pertanian Sumbar Febrina Tri Susila Putri di Padang, Senin (19/6/2023).

Dia menyatakan, Pamigo tersebut akan sangat membantu petani agar tidak terlalu tergantung pada perusahaan besar terutama dalam hal harga Tandan Buah Segar (TBS).

“Dengan adanya alat ini, kelompok tani bisa langsung mengolah TBS menjadi minyak goreng siap pakai,” ujarnya.

Febrina mengatakan untuk 6 ton hingga 7 ton TBS setelah diolah menggunakan Pamigo bisa menghasilkan sekitar 1 ton minyak goreng. “Alat yang dihibahkan itu bernilai cukup besar sekitar Rp4 miliar.”

Sementara untuk smart greenhouse, Febrina menambahkan, berguna untuk melakukan pembibitan yang aman dari serangan aman dan penyakit.

“Dengan teknologi ini, kelompok tani bisa melakukan pembibitan dalam jumlah besar dan yang lebih penting, semua proses dilakukan secara organik,” jelasnya.

Menurut Febrina, produk pertanian yang dikelola secara organik memiliki nilai lebih dari produk yang menggunakan pupuk kimia.

“Produk organik jauh lebih sehat dibanding produk non organik. Produk organik juga memiliki peluang besar untuk diekspor,” tuturnya.

Dua teknologi tepat guna yang dihibahkan kepada kelompok tani di Sumbar itu dipamerkan dalam ajang PENAS Tani Nelayan XVI di Padang dan mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat yang mengunjungi lokasi pameran tersebut. GBM

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *