Roadshow Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital Munculkan Startup Lokal di Sumbar

Ekonomi38 Dilihat

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali menggelar Roadshow Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital bertajuk “Inovasi Digital Dalam Membangun Potensi Daerah” di Gedung PKM Politeknik Negeri Padang (PNP), Sabtu (3/6/2023).

Program kolaborasi Kemenkominfo dengan PNP dan Pemprov Sumatra Barat (Sumbar) tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Sumbar yang diwakili Kadis Kominfotik Sumbar Siti Aisyah dan diikuti sedikitnya 1.058 peserta dari kalangan mahasiswa PNP, wirausahawan, serta pegiat startup.

Menurut Siti Aisyah, tujuan program ini untuk memberikan pemahaman konsep dasar membangun startup digital hingga mampu melahirkan startup lokal.

“Ada beberapa tahapan yang harus dilalui makanya tim menyebutkan perjalanan membangun startup digital. Kami berharap Kementerian Kominfo tetap memberikan kesempatan sehingga bisa lahir startup lokal yang akan terus berkembang dan tidak terhenti hanya sebatas pembuatan aplikasi,” ujarnya.

Sebelumnya, Direktur PNP Surfa Yondri, juga menyampaikan harapan program Roadshow dapat mengembangkan talenta startup digital lokal Sumbar dan pada akhirnya mampu berperan penting sebagai penunjang pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu, Faisal mewakili Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo mengungkapkan bahwa industri startup di Indonesia sedang mengalami masa keemasannya selama beberapa tahun terakhir.

Banyak startup baru mulai bermunculan, lanjutnya, setelah kesuksesan para pendahulunya mendapat predikat Unicorn dan Decacorn.

“Momen ini pula yang menjadi landasan Kementerian Komunikasi dan Informatika menghadirkan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital sebagai salah satu wujud nyata akan kebutuhan pendampingan dan pemberdayaan untuk menjawab tantangan dunia digital kedepannya,” jelas Faisal.

Usai pembukaan, program Roadshow diawali dengan Pengenalan Program Gerakan 1.000 Startup Digital oleh Tim Markas, kemudian pengenalan Startup Digital oleh Salman Subakat, CEO PT Paragon Technology and Innovation.

Selanjutnya seminar perjalanan membangun startup oleh CEO Pranala Link Muhammad Hamzah.

Pada sesi ini, Hamzah berbagi pengalaman bagaimana perjalanannya dalam membangun startup digital yang berkelanjutan.

Terakhir sesi diskusi panel dengan tema “Potensi dan Perubahan Pola Pikir Startup Daerah”.

Sesi yang dimoderatori oleh Ketua Jurusan Teknologi Informasi PNP Ronal Hadi, menghadirkan tiga panelis, yakni Kadis Kominfotik Sumbar Siti Aisyah, CEO Ikomart Nico Versander dan Andrean Alberto dari Minang Entrepreneur Connect.

Sebagai informasi, program Roadshow Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital telah berjalan sejak tahun 2016, dengan mencetak lebih dari 1.400 startup dan memfasilitasi lebih dari 100.000 calon founder dengan bantuan dari 1.500 penggerak dari berbagai sektor dan 500 mentor dan fasilitator.

Pada tahun 2023, Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital menginisiasi pembentukan 13 Hub yang akan menjadi pusat pelaksanaan kegiatan dan pembinaan program di daerah.

Program ini diharapkan dapat terus menjadi roda penggerak ekosistem digital Indonesia dan melahirkan startup-startup baru yang dapat memberikan solusi bagi permasalahan bangsa. GBM

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *