Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) diketahui tengah mempersiapkan sejumlah dokumen guna realisasi proyek Flyover Sitinjau Lauik dan mempercepat revisi Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Selain itu, mempersiapkan izin pemanfaatan kawasan hutan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Adapun beberapa hal tersebut merupakan sejumlah syarat yang harus dipenuhi agar pembangunan jembatan layang atau Flyover Sitinjau Lauik.

Adapun rencana pembangunan Flyover Sitinjau Lauik sendiri telah disetujui oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Pembangunan jembatan layang atau Flyover Sitinjau Lauik dengan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

Menurut informasi, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah menjelaskan bahwa progres pembangunan Flyover Sitinjau Lauik ini berjalan baik.

Penyelesaian revisi RTRW yang saat ini sedang berproses di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat PUPR maupun pembahasan di DPRD.

Lebih lanjut, dalam revisi tersebut sudah dicantumkan rencana pembangunan jembatan layang atau Flyover Sitinjau Lauik.

Menjelang dokumen tersebut difinalisasi, Gubernur Sumbar akan membuat surat pernyataan bahwa pembangunan jalan layang itu tercantum dalam revisi RTRW Sumbar.

Adapun hal lain yang perlu ditindaklanjuti adalah percepatan proses izin penggunaan kawasan hutan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Hal tersebut dikarenakan proyek jembatan layang atau Flyover Sitinjau Lauik ini akan melewati kawasan hutan lindung.

Pemprov Sumbar juga terus menjaga komunikasi dengan  Dinas Kehutanan untuk mengkoordinasikan hal-hal dengan dengan KLHK.

Sebagai informasi, Sumbar akan membangun jembatan layang atau Flyover Sitinjau Lauik.

Rencana pembangunan Flyover Sitinjau Lauik yang telah hadir sejak beberapa tahun lalu tersebut akhirnya mendapat angin segar di tahun 2023.

Disebutkan bahwa Kementerian PUPR kini telah menyetujui pembangunan dari Flyover Sitinjau Lauik tersebut.

Bahkan, dalam kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu di Sumbar, proyek Flyover Sitinjau Lauik ini juga mendapat dukungan dari Kepala Negara.

Presiden Jokowi juga berkenan untuk menghadiri groundbreaking dari proyek Flyover Sitinjau Lauik. GBM

 

Facebook Comments Box

Bagikan: