Sebagai bentuk apresiasi atas lingkungan terbersih di Sumatra Barat (Sumbar), Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar Audy Joinaldy meresmikan Kota Padang Panjang sebagai Kota Tertib Sampah.

Kegiatan itu dilakukan dalam acara Aksi Simpatik dan Patroli Sampah di Silaing Bawah, Kecamatan Padang Panjang Barat, Rabu (14/12/2022).

Kota berhawa sejuk ini juga ditunjuk sebagai Model Kota Tertib Sampah.

Menurut wagub, secara umum Sumbar bukanlah provinsi yang tingkat volume sampahnya tinggi dan melihat Padang Panjang dipilih sebagai kota tertib bersih, patut diberikan apresiasi yang bukan hanya untuk pemerintah saja tetapi juga masyarakatnya.

“Kita sangat mengapresiasi kota Padang Panjang sebagai Kota The Cleanest. Pada dasarnya kesadaran akan sampah itu ada dalam diri sendiri,” ujar Audy.

Menurut Wagub Audy, kesadaran masyarakat merupakan aspek penting untuk meminimalisir peningkatan volume sampah di tiap daerah.

“Pemerintah provinsi akan terus mendukung secara maksimal dan juga meminta seluruh elemen masyarakat untuk saling bersinergi. Kami mendukung secara penuh kota Padang Panjang sebagai Kota Tertib Sampah. Secara wisata, kota Padang Panjang juga cukup banyak dikenal,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran menyampaikan terimakasih kepada pemerintah provinsi atas dukungan untuk program tertib sampah.

Selain itu, dia juga menyampaikan apresiasi kepada pasukan oranye yang telah menjaga kebersihan lingkungan dengan baik.

Wali Kota Fadly berharap kedepannya hal ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja tetapi harus menjadi tugas bersama.

“Kedepannya, menjaga kebersihan lingkungan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi jadikan budaya bersama,” jelasnya.

Usai acara, wagub didampingi Wali Kota Padang Panjang, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Pimpinan Brimob Padang Panjang dan aparat pemerintahan setempat, membagikan tong sampah mini, serta stiker ajakan peduli sampah kepada angkutan umum, sopir truk, serta mobil pribadi sebagai simbol launching Padang Panjang kota tertib sampah dan kampanye simpatik dan patroli sampah. GBM

 

 

 

Facebook Comments Box

Bagikan: