Gubernur Sumbar Minta Baznas Optimalkan Pengelolaan Zakat

Ekonomi14 Dilihat

Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi meminta agar setiap Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) bisa memberikan pelayanan yang efektif dan efisien dalam pengelolaan zakat dan meningkatkan manfaat zakat.

“Upaya tersebut dimaksudkan untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat,” katanya dalam sambutannya sekaligus membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Daerah Baznas Provinsi dan Baznas Kab/Kota Se-Provinsi Sumatra Barat di Rocky Hotel Padang, Kamis (29/12/2022).

Buya Mahyeldi berharap para pengurus mampu menjalankan fungsi Baznas sebagaimana ranah dari zakat itu sendiri adalah membersihkan, menumbuh kembangkan unsur perekonomian Sumbar.

“Kemudian mampu untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasi, serta memberdayakan masyarakat sehingga mampu meningkatkan kemampuan dari mustahiq dan muzakki,” ujarnya.

Ketua Baznas Pusat KH Noor Achmad yang turut hadir dalam acara pembukaan Rakor Baznas Provinsi Sumatra Barat, menyampaikan ada empat hal yang menjadi penguatan Baznas, yakni kelembagaan, Sumber Daya Manusia (SDM), infrasuktur dan dana.

“Baznas merupakan lembaga pemerintah yang menjadi tanggung jawab bersama. Oleh karena itu, Baznas harus disokong oleh SDM yang kuat,” jelasnya.

Acara pembukaan Rakor Baznas se-Sumatra Barat ini turut dihadiri oleh Ketua Baznas Provinsi Sumatra Barat, para pimpinan Baznas Provinsi Sumatera Barat, serta para pimpinan Baznas Kab/Kota se-Sumatra Barat. GBM

 

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *