Gubernur Mahyeldi: Gerakkan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan

Ekonomi15 Dilihat

Peran penting Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) adalah mengidentifikasi dan mengurai masalah sosial kemasyarakatan, ekonomi dan budaya yang ada di masyarakat. LPM juga diharapkan mampu menemukenali dan memetakan secara sederhana potensi dan sumber daya di kelurahan.

Demikian disampaikan Gubernur Sumbar Mahyeldi ketika membuka dan menjadi narasumber dalam Bimtek Peningkatan Kapasitas LPM Angkatan III Tahun 2023 yang diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar, di Hotel Rocky Padang, Minggu (25/6/2023).

Menurut Gubernur, LPM mempunyai tugas membantu Lurah dalam menyerap aspirasi masyarakat terkait perencanaan pembangunan kelurahan dan menggerakkan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan dengan swadaya gotong royong.

“LPM juga memiliki fungsi meningkatkan kualitas dan mempercepat pelayanan pemerintah kelurahan. LPM menyusun rencana, melaksanakan, mengendalikan, melestarikan dan mengembangkan hasil pembangunan secara partisipatif,” katanya dalam situs sumbarprov.go.id.

Lembaga ini diharapkan mampu berperan sebagai motor penggerak dalam peningkatan partisipasi dan keswadayaan masyarakat kelurahan, sekaligus membangun sinergitas program, serta menjadi mediator antara pemerintah dengan masyarakat dalam mengatasi isu strategis.

“Kami berharap kiranya Pemko Padang melalui OPD terkait dapat memberikan penguatan terhadap peran LPM dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat melalui Bimtek dan sosialisasi yang didukung APBD dimasa datang,” jelas Gubernur.

Bimtek LPM yang dilaksanakan 25-27 Juni 2023 ini diikuti oleh 105 peserta yang terdiri dari Pengurus dan Anggota LPM Kelurahan dari Kota Padang ditambah aparatur Bagian Tata Pemerintahan selaku pembina LPM tingkat Kota Padang.

Tampil sebagai nara sumber dengan tema “Melalui Bimtek LPM kita tingkatkan peranan dan fungsi !kelembagaan LPM kelurahan menuju Sumbar madani yang unggul dan berkelanjutan” adalah Gubernur Sumbar Mahyeldi, Plh Kadis PMD Sumbar Amriman, akademisi dan pakar.

Menurut Plh Kadis PMD Sumbar Amriman, dengan Bimtek ini diharapkan peserta memiliki kemampuan dan pemahaman yang baik dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai mitra pemerintahan kelurahan dalam rangka mendukung kualitas pembangunan.

“Dalam Bimtek ini juga sekaligus ajang untuk menggali informasi, potensi, permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh keanggotaan LPM kelurahan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya,” kata Plh Kadis Amriman, yang didampingi Kabid KMA Quartita Evari Hamdiana. GBM

 

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *